Diberdayakan oleh Blogger.

DELEGASI BEM KM UNNES DALAM RAKERNAS BEM SELURUH INDONESIA

Rabu, 28 April 2010

Pada tanggal 8 – 12 April 2010 yang lalu Aliansi Strategis Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia atau yang kemudian disingkat dengan BEM SI berkumpul di Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY ) dalam rangka Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) BEM SI. Rakernas ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari seluruh universitas di Indonesia tidak terkecuali UNNES yang diwakili oleh Wakil Presiden mahasiswa BEM KM UNNES David Laksamana Caesar dan Menteri Luar Negeri BEM KM UNNES Yuniar Kustanto.
Rakernas kali ini dilatar belakangi oleh hasil Rakernas yang sebelumnya diadakan di Palembang yang merupakan awal terbentuknya arahan gerakan BEM SI 2009 dan dilanjutkan dengan hasil MUNAS di Solo bulan Oktober lalu yang telah menetapkan UNY sebagai Koordinator pusat BEM SI, hal ini lah yang menjadi semangat besar dari Koordinator pusat BEM SI untuk menggerakkan seluruh anggota yang tergabung dalam sebuah gerakan yang telah terumuskan secara bersama.
Rakernas BEM SI yang digelar di Jogja sejak hari Jum’at (9/4) hingga Senin (12/4) menghasilkan satu tema besar sikap BEM SI terhadap pemerintah yaitu “ segera dilakukan REFORMASI BIROKRASI “ dengan turunan beberapa keputusan. Dari komisi eksternal dihasilkan bahwa dalam bidang ekonomi, BEM SI mengkritisi perjanjian ACFTA yang dinilai merugikan sektor ekonomi nasional yang dinilai belum siap bersaing bebas. Dalam bidang pendidikan, BEM SI mendukung keputusan MK menganulir UU BHP dan melakukan controlling untuk optimalisasi anggaran pendidikan 20 %. Dalam bidang politik dan pemberantasan korupsi, BEM SI menuntut KPK menyelesaikan kasus Century. Sedangkan dari komisi internal merekomendasikan untuk mengoptimalkan komunikasi antar angota BEM SI dan membumikan BEM SI di setiap kampus, komisi internal ini di pimpin oleh Yuniar Kustanto Menteri Luar Negeri BEM KM UNNES. Pada kesempatan ini pula telah bergabung 11 universitas di Indonesia kedalam BEM SI. Masuknya sebelas universitas ini kedalam BEM SI ditandai dengan komitmen universitas tersebut terhadap TUGU RAKYAT ( tujuh Gugatan Rakyat ) yang menjadi landasan adanya BEM SI.
Keikutsertaan BEM KM UNNES kedalam BEM SI merupakan wujud komitmen BEM KM UNNES sebagai representasi mahasiswa UNNES untuk tetap menjadi social control kepada pemerintah dan bagian dari directure of change. Tetap eksisnya BEM KM UNNES di dalam BEM SI tidak terlepas dari dukungan mahasiswa UNNES yang merupakan bagian utuh dari BEM KM UNNES. (pemudaperubahan)

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template Brownium by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP